Jumat, 07 Juli 2023

POLUSI LIMBAH YANG DAPAT MENGANCAM KEHIDUPAN

                     LIMBAH adalah jenis zat/komponen yang sangat berbahaya, yang dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia, ekosistem, dan kelestarian lingkungan. Menurut WHO, LIMBAH didefinisikan sebagai sesuatu yang tidak berguna, tidak terpakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang dibuang yang tidak terjadi dengan sendirinya dan berasal dari kegiatan manusia. Saat ini muncul istilah LIMBAH B3. LIMBAH B3 adalah sisa hasil dari aktivitas atau usaha yang mengandung B3, jenis ini dapat berasal dari sektor industri, pariwisata, pelayanan kesehatan, dan juga dari rumah tangga. LIMBAH B3 yang sangat berbahaya, juga beracun adalah jenis LIMBAH yang dapat menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Bukan hanya manusia yang bisa terkena dampak dari adanya LIMBAH B3 ini, eksositem lingkungan juga bisa menjadi dampaknya, yang tentu berakibat pada kerusakan tanah dan kualitas air.

                PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 101 TAHUN 2004 mengatur tentang bagaimana cara PENGELOLAAN LIMBAH B3, dalam aturan ini terdapat ketentuan tentang cara penanganan LIMBAH bahan berbahaya dan beracun. INSTALASI PENGELOLAAN AIR LIMBAH menjadi bagian anjuran yang harus diikuti dan dijalankan bagi setiap perusahaan. PENGELOLAAN AIR LIMBAH bukan hanya mencakup pada jenis usaha atau pabrik, namun juga pada setiap gedung bertingkat, bangunan besar yang di dalamnya terdapat kegiatan manusia, diwajibkan menerapkan dan menjalankan proses INSTALASI PENGELOLAAN AIR LIMBAH. Dalam limbah rumah tangga juga harus terdapat PENGELOLAAN AIR LIMBAH. Pemerintah DKI Jakarta sudah mulai membangun SISTEM PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK (SPALD). Program pembangunan SPALD yang diadakan Pemprov DKI ini bertujuan untuk meminimalisir semakin rusaknya tatanan lingkungan yang ada di wilayah DKI Jakarta.

                Kecenderungan adanya pembuangan limbah bukan pada tempatnya disebabkan karena tidak adanya kesadaran dari setiap oknum tentang bahaya LIMBAH. Kerusakan lingkungan menjadi hal utama dari adanya polusi LIMBAH, namun hal yang sangat ditakuti adalah, kegiatan pembuangan LIMBAH ini dapat menyebabkan polusi LIMBAH, yang juga bisa mengancam pada kehidupan manusia. Tercemarnya SUMBER DAYA AIR adalah contoh kecil dari polusi LIMBAH. Kualitas air menurun, menyebabkan timbulnya permasalahan baru yaitu krisis air. Dalam menjalankan aktifitasnya manusia membutuhkan air bersih, jika ketersediaan air bersih sudah mulai menurun, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi pada kehidupan manusia.

 

Untuk sekedar konsultasi dan bertanya ketersediaan stock, bisa langsung menghubungi salah satu nomor what’sApp kami.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini:

https://bumiwirasta.com/

Untuk pemesanan, bisa di link berikut ini:

https://www.tokopedia.com/bumiwirasta

Untuk kontak dan konsultasi lebih lanjut, hubungi nomor what's app di: 08161633702 / 08128833678




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar