Rabu, 26 Juli 2023

UPAYA PENANGGULANGAN KRISIS AIR BERSIH

Permasalahan krisis air bersih merupakan fenomena yang harus diatasi dan sesegera mungkin menemukan solusinya. Permasalahan yang terjadi pada beberapa Negara, termasuk Indonesia juga merasakan fenomena krisis air bersih. Bahkan, Ibukota Negara Indonesia pun yang seharusnya menjadi wilayah percontohan ikut merasakan fenomena ini. Mengutip pada salah satu jurnal ilmiah, problem air bersih yang dialami pada wilayah perkotaan disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya, laju pertambahan dan perpindahan penduduk ke perkotaan yang cukup tinggi menyebabkan terjadinya peningkatan kebutuhan air. Hal ini tidak sebanding dengan ketersediaan air bersih yang ada. Kemudian penggunaan lahan yang tidak memperhatikan  konservasi tanah dan air. Dimana pembangunan gedung-gedung bertingkat, dan perumahan baru semakin terus terjadi dalam setiap harinya tanpa memikirkan kondisi lingkungan sekitar.

Selain kedua hal tersebut, poin pencemaran air yang terus meningkat menjadi penyebab terjadinya problem/permasalahan krisis air bersih. Ketersediaan air yang tidak sesuai menyebabkan masyarakat terpaksa menggunakan air kotor. Seperti yang dialami oleh salah satu wilayah Marolante NTT, pada surat kabar elektronik diberitakan warga Marolante terpaksa mengkonsumsi air sungai kotor karena ketersediaan air bersih yang tidak memadai. Belum lagi mereka harus rela berjalan sejauh 12 kilometer dalam mencapai titik air sungai kotor tersebut. Permasalahan air bersih dirasakan oleh banyak Negara, bahkan problem ini masuk dalam Sustainable Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan yang disepakati oleh 193 negara. Pembangunan INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL), Sewage Treatment Plant dan Waste Water Treatmen Plant menjadi solusi dalam mengupayakan semakin melebarnya problem krisis air bersih.

Pembangunan INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL), STP, dan WWTP menjadi alternatif pada beberapa perusahaan dan bangunan-bangunan bertingkat lainnya dalam mengolah air kotor menjadi air bersih. Saat ini pemerintah pun telah mengambil langkah serius dalam menangani permasalahan krisis air. Terbukti pada wilayah DKI Jakarta misalnya, pemerintah setempat telah mewajibkan gedung-gedung bertingkat untuk memiliki pengolahan air semacam IPAL, STP, dan WWTP. BUMIWIRASTA merupakan salah satu perusahaan yang peduli pada lingkungan, selain menjual beberapa POMPA LIMBAH, POMPA INDUSTRI ternama, dan ROOT BLOWER/POMPA UDARA yang berkualitas, BUMIWIRASTA juga memberikan pelayanan konsultasi secara Cuma-Cuma pada perusahaan/perorangan dalam membangun IPAL, STP, dan WWTP. Dengan membangun pengolahan semacam IPAL dan STP, air yang sudah digunakan tidak akan terbuang sia-sia, namun kembali diproses hingga bisa digunakan untuk menyiram tanaman, bahkan bisa dikonsumsi oleh manusia.

 

Untuk sekedar konsultasi dan bertanya ketersediaan stock, bisa langsung menghubungi salah satu nomor what’sApp kami.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini:

https://bumiwirasta.com/

Untuk pemesanan, bisa di link berikut ini:

https://www.tokopedia.com/bumiwirasta

Untuk kontak dan konsultasi lebih lanjut, hubungi nomor what's app di: 08161633702 / 08128833678




Tidak ada komentar:

Posting Komentar