Rabu, 01 November 2023

PERAN SEKTOR AKUAKULTUR TERHADAP PEREKONOMIAN

 

Pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun merupakan salah satu keberhasilan pada pembangunan. Terus bertumbuhnya Produk Domestik Bruto (PDB) tak lepas dari peran beberapa sektor yang berkontribusi untuk pembentukan total PDB. Produk hasil PERIKANAN memiliki peran yang sangat penting dalam ketahanan pangan Indonesia, dalam melengkapi kebutuhan nutrisi masyarakat, juga kesejahteraan umumnya. Keadaan ini terutama pada SEKTOR AKUAKULTUR, dimana hasil SEKTOR AKUAKULTUR di Indonesia setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Dari tahun ke tahun baik dari sektor PERIKANAN tangkap, dan juga PERIKANAN BUDIDAYA, hasil produksinya terus mengalami peningkatan.

            Plt. Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Dirjen PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ishartini mengatakan, pihaknya menargetkan produksi PERIKANAN di tahun 2023 bisa tumbuh mencapai 30,37 juta ton. Jumlah tersebut terdiri dari perikanan tangkapnya 8,73 juta ton, dan PERIKANAN BUDIDAYA 21,58 juta ton. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah peningkatan sektor AKUAKULTUR selalu bertambah setiap tahunnya. Berdasarkan data yang didapat oleh Kementerian Kelautan dan PERIKANAN produksi triwulan IV-2022, komoditas ikan dengan produksi tertinggi pada PERIKANAN BUDIDAYA adalah NILA sebesar 482,25 ribu ton yang mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 43,71 % disusul dengan lele sebesar 359 ribu ton yang mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 32,39 %.

            Memiliki potensi sumber daya PERIKANAN yang melimpah, membuat Indonesia sudah seharusnya menjadi Negara yang bisa memproduksi hasil PERIKANAN SEKTOR AKUAKULTUR, atau bahkan sudah menjadi Negara terbesar untuk Negara pengekspor PERIKANAN tangkap, dan BUDIDAYA PERIKANAN. Pertumbuhan PERIKANAN SEKTOR AKUAKULTUR yang terus meningkat, tentunya bisa berdampak pada kesejahteraan perekonomian masyarakat Indonesia. Jika PERIKANAN SEKTOR AKUAKULTUR dikelola, dikembangkan, dan dipraktikan secara benar, sudah tentu keuntungan akan terus mengalir. PERIKANAN SEKTOR AKUAKULTUR berkontribusi besar terhadap kegiatan ekonomi. Dimana sektor ini telah mampu untuk membuka dan menyediakan lapangan pekerjaan. PERIKANAN dan AKUAKULTUR di Indonesia berkontribusi besar terhadap kegiatan perekonomian, mereka yang bekerja pada PERIKANAN SEKTOR AKUAKULTUR menjadi sektor ini sebagai mata pencaharian utama mereka, kemudian sektor ini telah menciptakan lapangan pekerjaan, dan juga telah membuat ketersediaan ketahanan pangan Indonesia menjadi lebih baik.

 

Untuk sekedar konsultasi dan bertanya ketersediaan stock, bisa langsung menghubungi salah satu nomor what’sApp kami.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini:

https://bumiwirasta.com/

Untuk pemesanan, bisa di link berikut ini:

https://www.tokopedia.com/bumiwirasta

Untuk kontak dan konsultasi lebih lanjut, hubungi nomor what's app di: 08161633702 / 081317243812




Tidak ada komentar:

Posting Komentar