Jumat, 19 April 2024

HUBUNGAN BIOTEKNOLOGI DENGAN BUDIDAYA BIOFLOK

 

Kemajuan teknologi banyak dirasakan oleh semua kalangan, dan juga generasi. Menciptakan berbagai kemahiran dan berbagai penemuan dari berbagai disiplin ilmu, yang tentu nya dari semua itu bertujuan untuk jangka panjang bagi kehidupan manusia. Dalam ilmu biologi misalnya, hadirnya istilah bioteknologi sedang ramai diperbincangkan hingga menjadi agenda pada acara perdebatan calon presiden tahun 2024. Mengutip pada salah satu ejurnal, bioteknologi adalah suatu ilmu yang merupakan terapan ilmu dari berbagai ilmu yang ada, diantaranya biokimia, mikrobiologi, rekayasa genetika, biologi molecular, dan lain sebagainya. Bioteknologi mempunyai ciri utama yaitu agen biologi, teknologi, dan produk yang dihasilkan. Agen bioteknologi misalnya adalah makhluk hidup berupa tumbuhan, hewan, bakteri, dan mikroorganisme. Bioteknologi terdiri dari 2 jenis, yaitu bioteknologi modern dan bioteknologi sederhana.

                Bioteknologi sederhana adalah jenis bioteknologi yang masih menggunakan peralatan sederhana dalam proses pengerjaannya. Sebagai contoh bioteknologi sederhana adalah proses fermentasi seperti kecap yang difermentasikan adalah kacang kedelai dengan menggunakan jamur. Kemudian bioteknologi modern dimana dalam proses nya sudah menggunakan metode-metode mutakhir bioteknologi (Current Methods Of Biotechnology) seperti kultur jaringan, rekayasa genetik, hibridoma, kloning, dan polymerase chains reaction (PCR) secara prospektif telah mampu menghadirkan produk penemuan terbaru. Bioteknologi modern ini dapat digunakan pada berbagai macam bidang seperti bidang pangan, pertanian, dan kesehatan.

                Dalam hal ini BUDIDAYA dengan menerapkan SISTEM BIOFLOK, dimana dalam proses nya terdapat agen biologi mikroorgannisme yaitu bakteri. Sedangkan untuk teknologi yang terdapat dalam SISTEM BIOFLOK ini memanfaatkan AERATOR atau ROOT BLOWER untuk skala besar. Fungsi dari kehadiran AERATOR dan ROOT BLOWER dalam SISTEM BIOFLOK berperan sebagai pensupplai oksigen/udara dalam kolam. Sehingga dengan adanya ketersediaan oksigen/udara dalam kolam, dapat menjaga kebertahanan hidup mikroorganisme atau bakteri yang ada dalam kolam. Jadi bioteknologi yang sedang ramai diperbincangkan ternyata sudah terdapat pada BUDIDAYA SISTEM BIOFLOK. BIOFLOK sendiri umumnya digunakan pada BUDIDAYA NILA, dengan kriteria memanfaatkan lahan minimum, sistem tebar padat sehingga dapat menekan tingkat produktifitas panen. SISTEM BIOFLOK yang diterapkan dalam BUDIDAYA IKAN NILA juga ternyata dapat menekan biaya pakan. Dimana kotoran ikan dan sisa pakan yang mengendap di dasar berubah melalui proses biologi, hingga menjadi bioflok. BIOFLOK ini lah yang dikonsumsi ikan, sehingga biaya pakan menjadi turun dan  produktifitas dapat dikejar bahkan cenderung mengalami kenaikan. Tanpa disadari, konsep bioteknologi yang sedang ramai diperbincangkan, yang digandrungi untuk jangka panjang, ternyata dapat ditemui langsung pada BUDIDAYA IKAN NILA dengan penerapan SISTEM BIOFLOK.

 

Untuk sekedar konsultasi dan bertanya ketersediaan stock, bisa langsung menghubungi salah satu nomor what’sApp kami.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini:

https://bumiwirasta.com/

Untuk pemesanan, bisa di link berikut ini:

https://www.tokopedia.com/bumiwirasta

Untuk kontak dan konsultasi lebih lanjut, hubungi nomor what's app di: 08161633702 / 081317243812




Tidak ada komentar:

Posting Komentar