Kamis, 01 Februari 2024

SEKILAS TENTANG BUDIDAYA IKAN NILA SISTEM BIOFLOK

 

Banyak nya video edukasi terkait BUDIDAYA IKAN NILA membuat para pemula kebingungan dalam menentukan sikap. Pasalnya dalam mengakses video youtube, banyak para youtuber yang memang memberikan arahan mulai dari awal BUDIDAYA, SOP dalam proses perawatannya, hingga pada tahapan berhasil panen. Sehingga tidak heran, mereka yang ingin memulai BUDIDAYA agak bingung dalam menentukan percontohannya. Hal dasar yang harus diingat oleh para PEMBUDIDAYA pemula adalah, dalam BUDIDAYA IKAN NILA tentunya juga akan mengalami perbedaan lokasi. Hal ini juga sudah pasti berdampak pada kualitas udara lokasi BUDIDAYA, dan juga KUALITAS AIR.

                Sebagai contoh, PEMBUDIDAYA A yang lokasi BUDIDAYA nya ada di wilayah jakarta, dan PEMBUDIDAYA B yang lokasi BUDIDAYA nya ada di wilayah dataran tinggi/kaki gunung gede wilayah bogor. Kualitas udara dan kualitas air tentu sangat-sangat berbeda, kualitas yang lebih baik sudah tentu yang lokasi BUDIDAYA nya ada di wilayah dataran tinggi/kaki gunung gede. Sama hal nya yang terjadi pada salah satu customer kami yang menjadi PEMBUDIDAYA IKAN NILA, beralamat di wilayah wonosobo. Banyak yang tidak percaya kualitas air di dalam kolam beliau jika diukur Ph nya anya mencapai 2-3. Tidak sampai disitu, tebar benih dalam 1 m3 mencapai 700 ekor. Jika mengikuti anjuran BUDIDAYA IKAN NILA, kualiats pH air itu baik nya ada di angka 6-7. Begitu pun dengan tebar padat, maksimal hanya mencapai 150-200 ekor/m3. Itu pun hanya berani dilakukan oleh PEMBUDIDAYA yang memang sudah bermain lama menggeluti usaha BUDIDAYA. Belum lagi customer kami yang di wonosobo dalam BUDIDAYA tidak menggunakan garam dan kapur sama sekali. Seperti yang sudah dituliskan pada awal tulisan ini, setiap lokasi sudah tentu memiliki karakteristik yang berbeda.

                Wilayah wonosobo yang tergolong masuk ke dalam dataran tinggi, cuaca yang dingin, kualitas air yang belum banyak tercampur bahan kimia, jangan disamakan dengan wilayah perkotaan. Untuk itu, dalam BUDIDAYA cobalah dipikir lebih matang, disesuaikan dengan situasi dan lokasi BUDIDAYA. Jangan menyamakan lokasi BUDIDAYA yang ada di dataran tinggi, dengan perkotaan. Menyesuaikan SOP perawatan dengan kebutuhan, menjadi hal yang sangat penting sebelum terjun langsung untuk BUDIDAYA IKAN NILA.

 

Untuk sekedar konsultasi dan bertanya ketersediaan stock, bisa langsung menghubungi salah satu nomor what’sApp kami.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini:

https://bumiwirasta.com/

Untuk pemesanan, bisa di link berikut ini:

https://www.tokopedia.com/bumiwirasta

Untuk kontak dan konsultasi lebih lanjut, hubungi nomor what's app di: 08161633702 / 081317243812




Tidak ada komentar:

Posting Komentar