Jumat, 08 September 2023

PENCEMARAN LIMBAH YANG TAK KUNJUNG BERAKHIR

 

Permasalahan pencemaran LIMBAH tak kunjung usai, di bulan juni tahun 2023 wilayah danau sunter dikejutkan dengan temuan banyaknya ikan yang mati. Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan Provinsi DKI Jakarta telah melakukan uji kualitas air, kadar asam (ph) dan lain-lainnya pada ikan dan air di danau sunter terbilang normal berdasarkan hasil uji fisik. Ke depannya dinas terkait akan melakukan tes uji kimia utuk kembali membuktikan faktor utama terjadi kematian di danau sunter. Namun untuk dugaan sementara, terdapat buangan air limbah yang menyebabkan ikan di sekitar danau mengalami kematian. Kemudian di akhir bulan Agustus, kembali terjadi pencemaran sungai di wilayah cileungsi. Aliran sungai cileungsi yang berwarna hitam akibat tercemar limbah pabrik di ciangsana, gunung putri, kabupaten bogor, di tanggal 28 Agustus.

                Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor pun mengambil langkah tegas untuk menindak tegas pabrik yang membuang limbah ke sungai. Selain pabrik, DLH juga akan menindak tegas warga yang membuang sampah rumah tangga ke aliran sungai sebab dampaknya pun akan merusak ekosistem sungai. Penindakan tegas adalah sikap yang harus diambil baik oleh pemerintah setempat maupun pusat. Jika terbukti terdapat pabrik yang memang dengan sengaja membuang limbah pabrik ke aliran sungai, mereka harus diberi surat peringatan, bahkan pemberhentian produksi pabrik dalam beberapa minggu. Hal ini akan membuat para pengusaha mendapat efek jera, hingga tidak membuat lagi mereka para oknum yang dengan sengaja membuang limbah pabrik. Pemerintah pusat juga sudah sangat jelas mengeluarkan peraturan mengenai pembangungan INSTALASI PENGELOLAAN AIR LIMBAH. Dalam peraturan tersebut menyebutkan ketentuan tentang cara penanganan LIMBAH bahan berbahaya dan beracun. INSTALASI PENGELOLAAN AIR LIMBAH menjadi bagian anjura yang harus diikuti dan dijalankan bagi setiap perusahaan.

                Kami BUMIWIRASTA yang telah berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam membangun, mendesain, mensupport ROOT BLOWER sebagai pemeran utama dalam keberhasilan INSTALASI PENGELOLAAN AIR LIMBAH selalu menekankan pentingnya pembangunan IPAL. Selain bisa menjaga ekosistem lingkungan, pembangunan IPAL juga bisa berdampak pada keefisiensian penggunaan air. Karena ketika air limbah telah diproses, air yang awalnya kotor dan berbau, bisa kembali bersih dan dimanfaatkan untuk menyiram tanaman.

 

Untuk sekedar konsultasi dan bertanya ketersediaan stock, bisa langsung menghubungi salah satu nomor what’sApp kami.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini:

https://bumiwirasta.com/

Untuk pemesanan, bisa di link berikut ini:

https://www.tokopedia.com/bumiwirasta

Untuk kontak dan konsultasi lebih lanjut, hubungi nomor what's app di: 08161633702 / 08128833678




Tidak ada komentar:

Posting Komentar