Selasa, 17 Oktober 2023

SUNGAI CISADANE SURUT ANTISIPASI PASOKAN AIR BERSIH

 

Musim kemarau yang tak kunjung usai dalam beberapa bulan terakhir, dampaknya sangat dirasakan oleh berbagai sektor. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang berperan memasok pasokan air bersih sangat merasakan efek dari musim kemarau. Bukan hanya PDAM, masyarakat luas yang menggunakan jasa PDAM pasokan air bersihnya juga sempat terhenti beberapa hari. Keadaan ini diperparah dengan kondisi sungai cisadane yang debit airnya dari hari ke hari semakin menurun. Bersumber dari berita harian digital tanggal 16 Oktober 2023, kondisi sungai cisadane di Tangerang Banten semakin mongering. Kekeringan pada musim kemarau panjang di sungai cisadane sudah terjadi sejak tiga bulan lalu.

                Kilas balik sungai cisadane yang memang sudah dikenal sejak lama, bahkan ketika jaman pajajaran cisadane dianggap sungai yang suci. Dimana kerajaan pajajaran merupakan kerajaan yang menganut agama hindu yang sangat menghormati air sungai. Mengutip pada tulisan yang ada di harian digital, aliran sungai cisadane berasal dari anak-anak sungai yang berhulu di lereng gunung Pangrango dan gunung Salak di daerah Bogor. Menurut catatan sejarah abad 16, banyak kapal dagang kecil memasuki muara Ciasadane di pesisir laut jawa untuk berlabuh ke Tangerang. Panjang sungai cisadane dari hulu hingga hilir sekitar 139 kilometer, dari bagian hulu hingga sampai wilayah Tangerang.

                Sungai yang sempat menjadi jalur bagi para pedagang Tionghoa kala itu, saat ini debit airnya semakin surut akibat keadaan musim kemarau yang berkepanjangan. Melihat keadaan seperti  ini bukan tidak mungkin akan menyebabkan pasokan air bersih PDAM juga berkurang, atau mungkin akan berhenti untuk beberapa hari. SISTEM PENGOLAHAN AIR LIMBAH DOMESTIK (SPALD) adalah salah satu cara untuk menanggulangi terjadinya krisis air bersih. Program yang memang sedang digalakan oleh pemerintah DKI untuk mencegah terjadinya krisis air bersih. SISTEM PENGOLAHAN AIR LIMBAH DOMESTIK TERPUSAT ini salah satunya berada di wilayah Jakarta Timur, Kecamatan Cakung. Air limbah domestic warga sekitar banyak 2 RW, seluruh air limbah domestiknya diarahkan pembuangannya ke lokasi SPALD, kemudian diolah kembali hingga airnya bisa kembali dimanfaatkan oleh warga sekitar. Proses ini sangat bermanfaat, bukan hanya ketika musim kemarau seperti ini, tapi juga ketika musim hujan pun air tidak akan terbuang sia-sia. Karena telah diolah kembali dengan memanfaatkan ilmu biologi pada prosesnya, dan memanfaatkan AERATOR ROOT BLOWER sebagai pensupplay oksigen/udara pada seluruh bak pengolahan air limbah.

 

Untuk sekedar konsultasi dan bertanya ketersediaan stock, bisa langsung menghubungi salah satu nomor what’sApp kami.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini:

https://bumiwirasta.com/

Untuk pemesanan, bisa di link berikut ini:

https://www.tokopedia.com/bumiwirasta

Untuk kontak dan konsultasi lebih lanjut, hubungi nomor what's app di: 08161633702 / 08128833678



Tidak ada komentar:

Posting Komentar