Kamis, 30 Mei 2024

MENGANTISIPASI BENGKAKNYA BIAYA LISTRIK

 

            Kebutuhan listrik dalam kehidupan menjadi bagian pokok yang harus terpenuhi, dalam menjalankan kehidupannya masyarakat saat ini sudah bergantung pada keberadaan listrik. Listrik dialirkan pada sebuah penghantar yang bernama electron dari atom ke atom. Fungsi listrik tidak bisa dipisahkan walau hanya hitungan menit, karena saat ini beragam kebutuhan dalam kehidupan membutuhan sumber energi listrik. Seperti menjadi sumber penerangan, sumber penggerak yang dimanfaatkan oleh mesin cuci, menyetrika, menyimpan makanan, dan lain sebagainya. Kehadiran sumber energi listrik menjadi aktor utama dalam menghidupkan beraneka ragam barang elektronik. Penggunaan listrik tentu membutuhkan biaya dalam setiap penggunaannya. Mengutip pada laman Perusahaan Listrik Negara per awal tahun 2024, tarif listrik pada daya 900 watt seharga Rp. 1.352/kWh, untuk daya 1300 watt – 2200 watt seharga Rp. 1.444/kWh, sedangkan daya listrik 3500 watt – 5.500 watt ada di harga Rp. 1.699/kWh, dan seterusnya.

                Untuk kalangan menengah atas biaya listrik bukan menjadi suatu permasalahan, berbeda dengan kalangan bawah yang merasa terbebani dengan tarif listrik. Terkadang kita semua tidak menyangka terdapat beberapa alat elektronik di rumah yang menjadi pemicu bengkaknya biaya listrik. Untuk mengatasi permasalahan bengkak nya biaya tagihan listrik, dari hal yang terkecil segera kita antisipasi dengan beberapa langkah. Pertama kita harus mencari tau terlebih dahulu berapa besaran listrik yang dibutuhkan pada satu alat elektronik. Kedua, kita harus memahami cara kerja alat elektronik tersebut. Sebagai contoh dispenser air yang terdapat mode dingin dan panas membutuhkan listrik sekitar 450 watt, power listrik 450 watt ini ketika dispenser sudah dicolokan beberapa menit. Berbeda dengan tarikan awal atau konstan ketika elektronik dicolok ke sumber listrik, tentu daya yang dibutuhkan bisa dua kali lebih besar dari spesifikasi yang ada. Belum lagi adanya mode hangat dan dingin, yang tentu nya ketika bagian dingin dan hangat kosong secara otomatis membutuhkan listrik lagi untuk mendinginkan atau menghangat air. Hal dasar seperti ini yang terkadang kita terkecoh, menyebabkan bengkak nya biaya listrik. Dan yang terakhir ketiga, jangan pernah melupakan hal sepele untuk mencabut aliran listrik ketika sudah selesai digunakan.

                Sebagai antisipasi dasar untuk mengakali bengkaknya biaya listrik, rutinitas pengecekan penggunaan alat elektronik yang sudah selesai digunakan menjadi hal utama. Kemudian jangan terlalu sering mematikan dan menyalakan kembali alat elektronik. Selain bisa berdampak pada umur alat elektronik tersebut, hal ini juga bisa menjadi faktor bengkak nya tagihan listrik. Kemudian yang ketiga, sebelum membeli wajib mempelajari mekanisme kerja alat elektronik. Seperti hal nya penggunaan dispenser yang sebelumnya sudah dijelaskan di atas.

 

Untuk sekedar konsultasi dan bertanya ketersediaan stock, bisa langsung menghubungi salah satu nomor what’sApp kami.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi link di bawah ini:

https://bumiwirasta.com/

Untuk pemesanan, bisa di link berikut ini:

https://www.tokopedia.com/bumiwirasta

Untuk kontak dan konsultasi lebih lanjut, hubungi nomor what's app di: 08161633702 / 081317243812




Tidak ada komentar:

Posting Komentar